Ngopi Tak Sekadar Minum Kopi


 

Zaman telah bergeser, begitu pula gaya hidup yang terbentuk di masyarakat. Tren ngopi yang semakin marak di berbagai kalangan menandakan bahwa kopi tak lagi sekadar kebutuhan begadang. Ini ditandai dengan menjamurnya coffee shop di setiap sudut kota, budaya nongkrong di coffee shop pun menjadi semakin tak terelakkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan kafein, melepas penat sambil berbincang dengan orang terdekat dalam ambience sore hari bersama cangkir-cangkir kopi tentu saja menyenangkan. Di samping itu, coffee shop yang pada umumnya menyediakan fasilitas wifi gratis juga dapat memanjakan penikmat kopi yang ingin bekerja dengan santai di luar kantor. Namun apakah minum kopi lantas hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan minum dan menjadi teman ngobrol saja? Tentu tidak. Bagi penikmat kopi yang mengerti, mereka paham betul bahwa sebelum kopi diteguk dan sampai ke mulut, ada proses yang tak tidak kalah menariknya dari minum kopi itu sendiri.

 

1.   Espresso-based Coffee

Menu kopi di coffee shop sangat beragam. Biasanya ketika nongkrong di coffee shop dengan modal ala kadarnya, people will order the cheapest drink on the menu and it would most probably be Espresso. Biasanya waiter atau waitress yang mengerti kopi—dan jika pelanggan terlihat seperti pengunjung baru, akan bertanya “Yakin mas/mba mau order Espresso?” Well, it’s expected, karena Espresso adalah ekstrak kopi kental yang umumnya berukuran 30ml. Kopi yang terekstraksi dengan baik akan menghasilkan Espresso dengan aroma yang kuat dan rasa bitter-acidic yang menyatu.

Espresso menjadi bahan utama untuk menghasilkan minuman lainnya. Salah satunya adalah Americano. Americano adalah Espresso yang ditambahkan air panas. Menu ini dinamakan Americano konon karena orang Amerika tidak biasa dengan kopi kental ala Italia, sehingga orang Italia menyebut watery coffee itu sebagai Americano. Versi lain dari Americano adalah Long Black. Long Black adalah air panas yang ditambahkan Espresso. Long Black akan terasa lebih pekat dari Americano karena air pada Long Black lebih sedikit.

Cappuccino juga merupakan minuman Espresso-based. Cappuccino adalah Espresso yang ditambahkan steamed milk dan foam. Cappuccino, Latte, dan Flat White merupakan 3 minuman yang mirip namun tak sama. Pada Latte, foam-nya hanya sedikit dan merupakan microfoam. Sedangkan pada Flat White, tidak ada foam sama sekali, atau foam-nya tercampur dengan steamed milk.

 

2.   Manual Brew

Dapat dikatakan manual brew merupakan bagian paling asik dari ngopi. Pada menu manual brew biasanya akan tertera: V60, Vietnam Drip, Syphon, Chemex, Aeropress, dan lain-lain. Itu adalah nama alat-alat yang digunakan untuk brewing. Dinamakan manual brew karena dilakukan secara manual oleh barista. Ketika memilih metode manual brew, kita juga akan ditanya beans apa yang di inginkan. Berikut adalah metode manual brew yang umum ditemukan di sebuah coffee shop.

  • V60 Pour Over

V60 adalah manual brew dengan metode drip atau tetesan kopi dengan alatnya yang mengerucut dengan pilihan paper filter dan steel filter. Hasil dari V60 umumnya kopi yang memiliki light body dan clean aftertaste.

  • Syphon

Syphon adalah metode manual brew dengan alat yang menyerupai instrument di laboratorium kimia. Terdiri dari dua tabung dan gas burner. Tabung bawah diisi air, tabung atas diisi kopi, dengan filter di antara kedua tabung tersebut. Syphon bekerja dengan suction yang disebabkan oleh uap panas. Tekanan ini mengakibatkan air naik ke atas melewati filter dan membasahi kopi dalam proses brewing. Ketika burner dimatikan, air kopi akan turun ke bawah dan tersaring oleh filter yang berada di tengah, menghasilkan kopi yang aromatic dengan strong body. Syphon merupakan salah satu metode brewing yang cukup banyak diminati oleh coffee geeks.

Photo: Ganda Purnama Sari

  • Vietnam Drip

Vietnam Drip adalah metode drip lainnya. Dengan bentuk dripper yang berbeda dengan V60, karena keseluruhannya terbuat dari steel. Hasil dari teknik brewing Vietnam Drip ini adalah kopi yang cukup kental. Biasanya Vietnam Drip dinikmati dengan susu kental manis.

 

Jadi, ngopi itu tidak hanya sekadar minum kopi karena ada proses yang dinikmati. Selamat ngopi!



 

Ganda Purnama Sari. An engineering student, currently working in a marine services company as an intern. Loves travels, coffee, pets, books, and enjoy meeting up with people and sharing a piece of a mind.

 

Visit and join Bisbas here:

Website: http://bisbas.id/

Facebook Page: Bisbas

Instagram: @bisbasindonesia

Want to be published on Bisbas? Send your works to [email protected].

For those who happened to be on strict diet, please proceed with caution. Better yet, leave your diet at the door. Let Brooklyn Indonesia Cakery indulge you with oozing, sweet-sugary temptation straig...
Comments